Kenali Tanda Awal Penyakit Kanker Serviks !




Gejala Kanker Serviks




Haaiii girls, Kesehatan organ reproduksi kita adalah hal utama yang harus mendapat sorotan dalam kehidupan kita sehari - hari. Organ reproduksi yang sehat akan menentukan juga masa depan kita nanti. Semua wanita pastinya mendambakan kehadiran sosok buah hati setelah melangsungkan pernikanan kan ? baru mendapat penghargaan diri sebagai wanita sejati. Nah, mulai sekarang kenali tanda - tanda kelainan pada organ kewanitaanmu ya girls, salah satunya dari bahaya penyakit kanker serviks.

Kanker serviks, atau disebut juga sebagai kanker leher rahim terjadi pada lapisan Endometrium yang merupakan pintu masuk ke rahim. Saluran ini terletak di antara rahim dan vagina. Berkembangnya kanker serviks memang membutuhkan waktu 10-20 tahun. Tetapi dengan gaya hidup yang kurang sehat dan juga lingkungan yang penuh dengan radikal bebas yang dapat memicu kanker, perkembangannya bisa menjadi lebih cepat. Kenali gejala kanker serviks sejak dini untuk menghindari keterlambatan penanganan. 
  • Gejala Awal Kanker Rahim – Pendarahan Pada Vagina
Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum adalah terjadinya pendarahan yang tidak normal pada vagina. Pendarahan ini mengindikasikan adanya kanker pada leher rahim yang kemudian menimbulkan luka dan pendarahan. Walaupun pendarahan pada vagina tidak selalu berarti indikasi kanker rahim, tetapi tetap penting untuk diwaspasdai karena mungkin saja telah terjadi infeksi dan harus segera ditangani oleh dokter. 

Pendarahan yang tidak normal dapat berupa pendarahan yang terjadi di luar masa haid atau diantara periode menstruasi yang reguler. Pendarahan seperti ini patut dicurigai karena dapat saja benar merupakan indikasi telah terbentuknya kanker pada mulut rahim. Beberapa wanita mengalami pendarahan, bahkan beberapa diantaranya cukup hebat, setelah berhubungan seksual. Pendarahan ini juga biasanya disertai dengan rasa nyeri yang luar biasa. Jika anda mengalaminya, segera periksakan diri anda karena mungkin saja merupakan gejala awal kanker serviks.

  • Gejala Awal Kanker Rahim Lainnya



Selain terjadinya pendarahan yang tidak normal, gejala lainnya dari fase awal kanker serviks adalah timbulnya keluhan nyeri pada saat buang air kecil. Hal ini merupakan hal yang cukup umum dialami wanita yang ternyata mengidap kanker rahim. Pada stadium yang lanjut, dimana kanker sudah menyebar ke panggul, maka penderitanya biasanya mengeluhkan nyeri punggung. Pembesaran ginjal juga merupakan salah satu gejala kanker rahim stadium lanjut dimana penyebaran sel kanker telah mencapai bagian panggul. Penurunan berat badan secara drastis juga dapat menjadi salah satu gejala kanker serviks. Selalu waspada terhadap gejala-gejala tersebut merupakan langkah yang paling tepat. Jika gejala-gejala tersebut dirasakan, segera periksakan. Jangan tunggu sampai terlambat.

Sudah pada tau kan sekarang bagaimana tanda awal yang tampak pada penderita kanker serviks, semua itu dapat dicegah dengan kita selalu merawat kebersihan miss V agar terhindar dari bakteri dan virus pembawa penyakit. Apabila ada yang mengalami tanda seperti yang sudah dijelaskan diatas segera konsultasikan ke Bidan terdekat atau Dokter.
semoga bermanfaat ladies :)

0 Response to " Kenali Tanda Awal Penyakit Kanker Serviks ! "

Posting Komentar